Pentingnya BackUp File Setelah Selesai Project Dokumentasi Video Dan Foto

pentingnya backup file

Kamu seorang freelancer dalam bidang dokumentasi video atau foto? Pasti cukup sering dong dapat orderan dokumentasi wedding maupun event lain. Setelah selesai acara, apakah kamu langsung mem-backup file  mentahnya ke laptop atau harddisk eksternal? Bila itu hal tersebut telah biasa kamu lakukan maka itu sudah sangat tepat.

Mengingat ini adalah file dokumentasi yang tak akan bisa kamu rekam ulang. Saat mendapatkan project dokumentasi wedding, tiba-tiba tak sengaja memori kamera mu hilang, padahal file project belum dibackup. Tentu ini akan fatal. Harus seperti apa kamu mempertanggungjawabkan hal tersebut pada klien mu?

Lalu, kenapa sih kita harus menyegerakan membackup file project kita? Berikut ini beberapa alasannya kamu harus segera membackup file project setelah selesai acara.

1. Menghindari File Terhapus Tidak Sengaja

Yang pertama, ini sepertinya paling sering dialami oleh banyak orang, mungkin juga termasuk kamu yaa? hehe. Untuk menghindari file yang hilang karena hal-hal konyol semacam ini, maka harus kamu segerakan membackup file-file ke dalam komputer atau pun hardisk eksternal.

2. Memudahkan Editor

Membackup file dengan format penyimpanan dan folder yang rapi, ini akan memudahkan sang editor dalam mengakses file. Cantumkan nama acara project mu, dan juga tanggal project mu akan sangat membantu memudahkan siapa pun mengakses file.

3. Menjaga Profesionalitas

Tentu kamu perlu menjaga profesionalitas dan kepercayaan klien mu. Apa jadinya jika file dokumentasi acara mereka hilang gara-gara ketledoran mu. Tentu klien mu bakal marah sejadi-jadinya, dan nama mu pun telah tercoreng karena tidak profesional dalam menghandle dokumentasi acara. Karena itu backup file sangatlah penting.

Baca Juga :

4 Ide Foto Instagrammable yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

4. Menjaga Work Flow

Dalam menjalankan jasa dokumentasi foto maupun video, kamu harus mempunyai work flow atau runtutan langkah kerja yang jelas. Ini berguna agar kamu mudah untuk menganalisa jika ada sesuatu yang kurang atau terlewatkan. Dan juga kamu harus konsisten pada work flow mu ini. Salah satunya adalah konsisten membackup file sesegera mungkin.

5. Memori Kamera Segera Dapat Digunakan Untuk Pekerjaan Lain

Sehabis digunakan untuk merekam dokumentasi acara, pastinya memori kamera telah terisi dan kemungkinan hampir full mendekati kapasitas maksimalnya. Karena itu baiknya segera kamu backup filenya agar memori kamera bisa kamu kosongkan lagi untuk persiapan project berikutnya. Jangan biarkan juga file satu project bercampur dengan file project lain, bisa tertukar jadi semakin runyam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *