Ketahui 5 Jenis Format Video Yang Sering Dipakai

IFrameMultimedia.net Video adalah rekaman gambar dan audio yang mampu mendokumentasikan aktivitas secara real. Sejak dahulu sampai sekarang ini video terus mengalami perkembangan baik dari segi kualitas kamera perekamnya, teknik pengambilannya, hingga format file video itu sendiri. Hingga saat ini ada sangat banyak jenis format video, baik yang sering kamu jumpai atau mungkin yang kamu belum pernah sekalipun menjumpainya. Yang sering dipakai seperti misalnya format .AVI, .3gp, .mp4 dan lain sebagainya.

jenis format video

Berikut ini kami rangkumkan beberapa format video yang sering digunakan dan perbedaannya. Kamu bisa menyimak ulasan singkat berikut ini!

1. ASF. Atau lengkapnya adalah Advance Streaming Format, ini banyak digunakan untuk layanan streaming video online di Internet.

2. AVI. AVI atau Audio Video Interlaced merupakan format video yang didukung oleh hampir semua alat pemutar. AVI diperkenalkan oleh microsoft pada tahun 1992. Sayangnya ukuran file dari format ini cenderung lebih besar sehingga kurang efisien untuk disimpan.

3. 3GP. 3GP atau 3rd Generation Partnership Project adalah format video yang sempat sangat terkenal karena ukurannya yang kecil sehingga dapat dengan mudah dimasukkan ke ponsel. Ukuran file-nya lebih kecil dan kualitasnya lebih rendah dari MP4.

4. MKV. MKV atau Matroska Video Container adalah format video yang berstandar terbuka dan bebas. MKV punya banyak kelebihan, salah satunya untuk membuat menu dan chapter pada DVD. Meskipun dianggap sebagai format paling fleksibel saat ini, sayangnya MKV belum didukung universal.

5. MP4. MP4 adalah versi upgrade dari MPEG. Format ini sering digunakan dengan H.263 / H.264 untuk video serta AAC untuk audio.

6. MOV. MOV banyak digunakan untuk player Quick Time. Untuk pengiriman file video melalui internet, MOV merupakan format video paling sering dipakai.

7. MPEG 1. Format jenis ini juga cukup sering digunakan dalam industri video. Kualitas gambar yang disimpannya setara dengan VHS dengan audio setara CD.

Oke baiklah, penjelasan singkat tentang jenis-jenis format video dan perbedaannya secara umum telah kami jabarkan. Untuk lebih memahami seputar dunia fotografi dan videografi, kamu bisa mengakses website IFrameMultimedia.net . Jangan lupa daftarkan diri untuk akses penuh ke semua konten yang ada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *