Autofocus vs Manual Focus, Kapan Sih Harus Makai-nya?

auto focus atau manual focus

IFrameMultimedia.net Bingung soal fokus? Baru belajar tentang autofocus dan manual focus? Tenang, nggak cuma kamu yang bingung tentang hal satu ini kok. Kebanyakan orang sekarang sudah biasa dengan sistem point and shoot a la smartphone, tinggal tap untuk menentukan fokus dan eksposure akan otomatis menyesuaikan.

Autofocus

Mode autofocus ialah mode yang dimana kamera akan secara otomatis menentukan seberapa dalam fokus yang digunakan. Mode ini memakai teknologi sensor untuk mengukur fokus dengan berbagai faktor.

Dan tergantung model kameranya juga, kamu akan menemukan beberapa jenis auto focus dalam kamera. Yang pertama adalah AF-S (Single Servo), auto focus mode ini sangat cocok untuk objek yang tidak bergerak. Lalu ada juga AF-C (Continuous Servo) untuk memotret objek yang bergerak, memunginkan kamera untuk terus mengejar objek yang dianggap jadi fokus selama masih di area frame kamera. Selanjutnya ada mode AF-A (Auto Servo) dalam mode ini kamera akan secara otomatis memilih di antara kedua mode autofocus di atas untuk disesuaikan dengan situasi yang terekam di sensor kamera.

Kekurangan dari mode autofocus ialah memiliki kecenderungan kurang akurat saat objek utama dan bakcground memiliki warna yang mirip-mirip, atau pada saat objek setengahnya terpapar sinar matahari dan sebagian lagi berbayang, atau juga ketika sangat kekurangan cahaya, dan saat ada objek lain di antara kamera dengan objek (seperti jadi foreground).

Manual Focus

Pada saat memilih menggunakan mode manual focus, tangan kiri mu perlu aktif juga untuk memutar-mutar ring fokus yang terdapat di lensa. Yang harus kamu diperhatikan adalah cara memegang kamera. Tangan kiri (tepatnya jari-jarinya) selain sebagai tumpuan kamera, juga akan kamu gunakan untuk mengubah fokus. Ketrampilan menggunakan mode manual focus ini perlu kamu asah betul ya, agar tidak ada kesalahan yang mengakibatkan foto mu malah menjadi blur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *