Apa Itu Shutter Speed Apa Fungsinya Pada Fotografi dan Videografi?

apa itu shutter speed

IFrameMultimedia.net Artikel ini ditujukan bagi kamu yang baru belajar atau ingin mengenal dunia foto dan video. Bagi kamu yang baru mulai belajar dan mengenal kamera, mungkin masih bingung tentang berbagai macam hal yang terdapat pada kamera. Termasuk shutter speed ini.

Apa sih shutter speed itu? Sekilas nampak dari kata “speed” bahwa ini pasti ada hubungannya dengan kecepatan. Nah, kecepatan apakah yang dimaksud?

Shutter speed, sering juga disebut sebagai exposure time merupakan seberapa lama perangkat membiarkan sensor kamera terbuka untuk mengalirkan cahaya masuk ke dalam sensor kamera. Untuk bisa mengambil sebuah gambar (foto), kamera harus terlebih dahulu menerima cahaya yang datang melalui lensa kemudian ke sensor kamera untuk selanjutnya diproses.

Sebagai contoh, kamu ingin mengambil gambar sebuah bunga, maka yang akan kamu lakukan pertama adalah mengarahkan lensa kameramu ke arah bunga tersebut. Nah, proses yang terjadi saat kamu mengarahkan kamera ke objek bunga tersebut adalah cahaya memantul dari bunga tersebut menuju ke kamera mu. Pantulan cahaya tersebut dimasuk ke dalam kamera melalui sensor yang terbuka.

Nah, dengan adanya opsi shutter speed, kamu bisa mengcustom seberapa lama sensor kamera terbuka. Semakin lama terbuka, berarti cahaya yang diterima akan semakin banyak. Begitu juga sebaliknya, semakin cepat shutter speed berarti cahaya yang diterima juga sedikit.

Baca Juga: Apa Kegunaan Aperture Pada Kamera?

Shutter speed dituliskan dengan satuan detik, misalnya 1 detik, 1/4 detik, 1/1000 detik, dll. Tidak hanya berpengaruh pada cepat atau lambatnya sensor kamera tertutup. Pengaturan shutter speed yang berbeda juga akan membuat hasil gambar yang berbeda. Bila kamu memotret objek yang bergerak cepat seperti burung terbang, hasilnya akan nampak blur bila shutter speed terlalu lama. Usahakan menggunakan shutter speed secepat mungkin untuk menangkap gambar objek yang bergerak.

Pada teknik fotografi tertentu penggunaan shutter speed ini sangat menjadi kunci utama. Misalnya saja bila kamu ingin mencoba teknik foto panning, bulb, atau ingin membuat foto milkyway. Keberadaan shutter speed sangat dibutuhkan dalam teknik foto tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *