Apa Itu Color Grading dan Fungsinya Buat Apa Sih?

IFrameMultimedia.net Pasti kamu sering menonton film kan? Entah di bioskop, di TV, ataupun streaming. Film apa yang biasa kalian tonton? Kamu suka film bergenre comedy, action, thriller, atau horor? Pernahkah kamu mengatamti bahwa tone warna pada setiap film berbeda dan tak seperti warna aslinya? Atau kamu tak sadar dan hanya menikmati suasana yang disuguhkan dalam film tersebut?

color grading

Jika kamu sering mengamati pasti sadar bahwa warna yang disuguhkan dalam film telah mengalami editing menyesuaikan suasana yang ingin ditonjolkan. Ini bertujuan agar film terasa lebih dramatis, sehingga penonton semakin terbawa dengan alur cerita dalam film.

Color Grading, merupakan usaha untuk mengubah nada visual dari seluruh film. Setelah hasil rekaman diedit dan dikoreksi, selanjutnya kita bisa mengubah tematik dan estetika. Color Grading pada film bukan sekedar sebagai pewarnaan gambar. Namun Color Grading ini dimaksudkan untuk mempertonjolkan alur, tema, isi cerita, dan hal-hal lainnya yang bisa berpengaruh pada suasana dalam film tersebut.

Software apa yang biasa digunakan untuk melakukan Color Grading? Para film creator biasanya menggunakan software Adobe Premiere, dan Adobe After Effect, Davinci Resolve atau Color Finale.

Tapi Color Grading tidak hanya diterapkan dalam film saja lho. Dalam video-video yang sering kita tonton di Youtube juga sudah banyak yang menerapkan Color Grading ini. Coba saja amati video-video traveling, atau video review gadget, kebanyakan sudah menggunakan Color Grading untuk mempercantik video mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *