6 Aplikasi Video Conference Untuk Meeting Online Selain Zoom

IFrameMultimedia – Sejak beberapa waktu yang lalu, isu keamanan Zoom terus saja dipertanyakan. Saat ini zoom adalah aplikasi video teleconference paling populer di Indonesia, atau bahkan di dunia. Kami punya beberapa alternatif aplikasi video teleconference yang tak kalah canggih dari zoom untuk mengatasi rasa kurang nyaman Anda terhadap isu keamanan Zoom.

Melihat kondisi dunia saat ini yang sedang dilanda pandemi covid 19, pemerintah mengeluarkan imbauan untuk mengurangi kegiatan berkerumun, dan lebih dianjurkan untuk berada dirumah. Pemerintah Indonesia mengimbau seluruh masyarakat agar bisa bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Sejak imbauan tersebut digaungkan, beberapa sektor seperti pendidikan dan pekerja kantoran berusaha menyesuaikan diri dengan merubah cara belajar dan bekerja mereka. Berkomunikasi via aplikasi teleconference menjadi pilihan yang paling mudah untuk tetap terhubung satu sama lain. Namun, datang isu keamanan dari sebuah aplikasi yang sangat populer yaitu Zoom. Hingga pada puncaknya beberapa negara pun mengeluarkan larangan penggunaan aplikasi ini.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir berlebihan, karena kami telah menyiapkan aplikasi teleconference lain sebagai alternatif Zoom. Berikut ini beberapa aplikasi pilihan sebagai alternatif yang bisa Anda gunakan.

1. Google Duo 

Duo adalah aplikasi rancangan Google yang hadir sejak tahun 2016 lalu. Aplikasi ini sangat mudah di akses. Bisa diakses melalui banyak media, diantaranya tablet, website, Android, dan iOS. Google Duo mendukung untuk aktivitas video call secara pribadi maupun grup maksimal hingga 12 partisipan. Fitur menarik dari Google Duo adalah Anda bisa meninggalkan pesan video apabila orang yang Anda hubungi tidak menjawab panggilan tersebut.

2. Skype 

Salah satu aplikasi besutan Microsoft yaitu Skype, yang memungkinkan Anda melakukan panggilan suara maupun video. Aplikasi Skype juga memungkinkan untuk melakukan group call atau panggilan grup hingga 25 partisipan. Selain melalui smartphone, aplikasi teleconference ini juga bisa diakses melalui tablet, PC, hingga TV.

3. Cisco Webex

Cisco Webex bisa juga Anda jadikan alternatif pilihan aplikasi telekonferensi untuk mengganti Zoom. Aplikasi ini mampu menampung partisipan hingga 100 orang dengan membayar akun premium. Hampir mirip seperti Zoom, Cisco Webex juga mendukung para penggunanya untuk melakukan screen sharing atau berbagi layar kepada partisipan lain.

5. Lifesize 

Aplikasi Lifesize mendukung Anda untuk melakukan panggilan video tanpa biaya, tidak memerlukan unduhan atau pemasangan dan mampu menampung hingga 25 partisipan. Lifesize juga telah terintegrasi dengan Microsoft, sebenarnya Lifesize juga mendukung untuk resolusi 4k.

6. Microsoft Teams

Ini merupakan aplikasi kepunyaan Microsoft, menawarkan layanan panggilan video telekonferensi yang mampu menampung banyak peserta. Tidak main-main, jumlah partisipan yang bisa ditampung sejumlah 10.000 peserta. Keunggulan lainnya adalah tak perlu lagi menjelajahi folder untuk menemukan file yang akan dikerjakan. Di Teams, juga support untuk mengakses, berbagi, dan mengedit file dokumen Word, PowerPoint, dan Excel secara real-time.