6 Fitur Menarik di Zoom Video Converence Yang Harus Anda Coba

6 Fitur Menarik di Zoom Video Converence Yang Harus Anda Coba

IFrameMultimedia Fitur menarik di Zoom Video Converence berikut ini sangat bermanfaat lho untuk membantu kegiatan meeting kita. Zoom memang punya fitur-fitur unggulan yang membuatnya lebih disukai dibanding aplikasi video conference lainnya, seperti Google Meet, Skype, atau aplikasi sejenisnya. Misalnya saja, fitur yang mengijinkan Anda mengubah background yang sangat disukai penggunanya ini.

fitur menarik di zoom

Nah, Masih banyak fitur-fitur Zoom yang menarik lho, buat Anda yang selalu menggunakan aplikasi Zoom untuk meeting virtual bersama rekan kerja atau sekadar ngobrol bersama teman, kamu mungkin bisa mencoba beberapa fitur berikut ini.

1. Cara mengubah background Zoom

Salah satu fitur canggih di Zoom, memungkinkan Anda menyembunyikan background yang berantakan dan diganti dengan gambar background yang bisa Anda custom. Fitur ini bisa bekerja dengan cukup baik meskipun tidak menggunakan greenscreen.
Beberapa opsi banner background tersedia di aplikasi Zoom. Selain itu Anda juga bisa mengganti background dengan gambar Anda sendiri dengan cara mengupoadnya ke Zoom. Bagaimana langkah-langkahnya mengganti background? Mudah saja, Anda bisa mengubahnya melalui Account Settings > Meeting > Virtual Background.

2. Filter wajah di Zoom

Jangan salah lho, fitur filter wajah tidak hanya ada di Instagram dan TikTok saja. Zoom juga ada nih filter wajah yang dinamakan ‘Touch Up My Appearance’. Kulit dan wajah Anda bisa tampak lebih halus dan bersih bila menggunakan fitur ini.
Fitur ini support untuk Zoom versi 4.0 atau yang lebih baru untuk macOS, Windows, iOS atau Android. Bila ingin mengaktifkannya, buka profile image > Settings > Video > Touch up my appearance. Cara kedua juga bisa, dengan mengakses Video Settings > Touch up my appearance.

3. Merekam percakapan video di Zoom

Satu fitur yang sangat bermanfaat. Dengan aplikasi zoom, semua percakapan selama meeting bisa direkam lho. Hasil rekaman video dapat Anda simpan dalam memori komputer atau laptop serta bisa juga di-upload ke layanan cloud, seperti Dropbox atau lainnya. Bisa juga mengatur format hasil videonya, ada beberapa opsi seperti MP4, M4A, dan M3U.

Anda bisa mengaktifkan fitur ini dengan langkah-langkah berikut: Record > Record on this Computer > Participants. Setelah video meetings selesai, perekaman akan otomatis berhenti dan langsung diproses dan tersimpan dalam komputer.

4. Bisa karaoke virtual di Zoom

Banyak dari kita menggunakan Zoom untuk meeting dan mengadakan konferensi secara virtual. Sudah tahu kah Anda jika aplikasi Zoom juga bisa menjadi sarana karaoke virtual bersama teman-teman Anda? Caranya sangat mudah kok dengan menggunakan PC/Komputer.

5. Fitur polling di Zoom

Nah, Zoom memiliki fitur yang akan memudahkan Anda membuat polling. Saat meeting seringkali ada keputusan-keputusan yang harus diambil berdasarkan jajak pendapat atau poling.

Sebelum bisa mengaktifkan fitur poling, Anda perlu mengakses Management > Account Settings > Polling. Kemudian, buat polling, bisa mengakses Meetings > Poll > Add. Buat pertanyaan dan opsi jawaban yang Anda inginkan.

6. Bisa mencoret-coret dan komentar pada gambar di Zoom

Pada saat video conference sering kali ada sesuatu hal yang harus dijelaskan dengan menampilkan sebuah gambar atau tampilan putih seperti papan tulis. Di Zoom, Anda dapat melakukan itu dan membuat catatan atau coretan-coretan pada gambar untuk membantu menjelaskan pada rekan-rekan Anda.

Ingin mengaktifkan fitur ini bisa dengan cara mengakses, Account Management > Account Settings > Meeting > Meeting (Basic) > Annotation. Untuk menggunakannya, pilih Screen Sharing, kemudian klik Annotate.

Itu tadi 6 fitur menarik di Zoom video conference yang dapat Anda gunakan sehingga conferensi virtual Anda bisa lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *