5 Alat Perekam Audio Yang Familiar Banget

5 Alat Perekam Audio Yang Familiar Banget

IFrameMultimedia.net Dalam dunia video shooting dan live streaming, kualitas audio sangat mutlak diperlukan untuk mendukung visual yang ditampilkan. Visual yang sudah bagus bisa terkesan tidak menarik gara-gara audio yang kurang jelas. Itu sebabnya audio memegang peranan yang begitu penting dalam videografi.

Untuk menghasilkan audio yang bagus, sangat diperlukan adanya perekam audio yang mumpuni. Hampir pasti, pada setiap project-project profesional seorang videografer pasti membawa minimal satu perekam audio tambahan untuk menunjang kualitas audionya. Jadi tak hanya bergantung pada perekaman internal pada kameranya saja, tapi juga menggunakan perekam audio eksternal.

Nah, apa saja alat perekam audio yang biasa di gunakan para videografer dan yang pasti sangat familiar banget bagi pecinta videografi. Berikut ini 5 diantaranya:

1. Microphone Lavalier

alat perekam audio mic lavalier

Bentuknya kecil namun punya fungsi yang besar. Microphone lavalier merupakan perekam suara yang bentuknya kecil dan memiliki penjepit. Mic lavalier sering dipakai pada saat wawancara, talkshow, bahkan saat produksi film. Mikrofon ini juga dilengkapi dengan multi idikator yang menampilkan status power. Dilengkapi dengan windshield berguna untuk menghasilkan suara yang bebas dari noise.

2. Shotgun Microphone

alat perekam audio mic shotgun

Mikrophone jenis Shotgun memiliki ciri khas yaitu menerima gelombang suara hanya dari satu arah saja. Dengan bentuknya yang pada umumnya silinder. Shotgun menjadi mic yang bisa fokus menangkap suara dari arah depan dengan kualitas yang bagus. Karena kekhususan inilah microphone ini disebut “Shotgun”.

3. Zoom Handheld Digital Recorder

alat perekam audio mic zoom h5

Alat perekam suara yang familiar selanjutnya adalah jajaran voice recorder dari Zoom. Salah satu jajarannya adalah Zoom H5. Voice recorder ini memberikan perekaman kualitas studio namun tetap handy dan praktis disematkan pada kamera. Handheld digital recorder ini mampu merekam 4 track dan mempunyai sistem mic modular yang bisa ditukar (interchangeable). Ini sangat memudahkan untuk menggunakan berbagai jenis mic untuk menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan.

4. Clip On

alat perekam audio mic clip on
Clip on merupakan sebutan yang paling banyak digunakan untuk mendefinisikan audio transmitter & receiver. Ya, alat ini adalah satu kesatuan yang terbagi menjadi 2 berdasarkan fungsinya masing-masing yaitu satu sebagai pengirim sinyal suara, dan yang lain adalah penerima sinyal tersebut. Salah satu clip on yang paling familiar adalah Sennheiser.

5. Equpment Yang Penting Ditambahkan

alat perekam audio headphone
Selain alat perekam suara diatas, yang penting juga ditambahkan salah satunya adalah headphone. Ini berfungsi untuk memantau secara langsung bagaimana kualitas rekaman audio yang sedang berlangsung. Satu lagi yang penting ditambahkan adalah windshield untuk meminimalkan gangguan atau noise yang mungkin terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *